Fungsi Marketing untuk Peningkatkan Pendapatan
MAKALAH
“ Fungsi Marketing untuk Peningkatkan Pendapatan “
Dosen Pembimbing :
Dr. Supawi Pawenang, SE, MM
DISUSUN OLEH :
Arif Rahman Hakim
2018020049
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS BATIK ISLAM SURAKARTA
2020
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “ FUNGSI MARKETING UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ”.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi bagi penulis sendiri maupun pembaca.
Surakarta, 10 November 2020
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mengembangkan produk perusahaan tidak hanya dengan memanfaatkan factor-faktor produksi semaksimal mungkin sehingga produk menjadi berkualitas. Tetapi juga dengan tindakan pemasaran sehingga melalui pengembangan produknya tujuan yang ingin dicapai dapat sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, dan ada kesesuaian dengan keadaan pasar.
Produk yang dihasilkan suatu perusahaan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan ekspektasi para konsumen atau harga yang ditawarkan dapat diterima oleh konsumen. Sehinga konsumen bisa lebih cenderung melipat gandakan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Jika ini terjadi dan berlangsung secara terus menerus maka akan mendatangkan profit kepada perusahaan. Keberhasilan ini juga dapat menjamin kestabilan kegiatan-kegiatan operasional dalam perusahaan.
Hubungan antar konsumen dan perusahaan pun menjadi poin penting dalam perusahaan. Hal ini dapat terjadi hanya jika perusahaan berhasil melakukan usha-usaha di pemasarannya.
Tujuan itu yang kemudian menjadi dasar untuk mengadakan riset terhadap produk agar produk tersebut sesuai dengan seleras konsumen. Sedapat mungkin usaha-usaha pemasaran yang yang dilakukan dapat berhasil dengan kegiatan perusahaan yang berpedoman kepada output produk yang dipasarkan ke konsumen yaitu produk yang memenuhi selera konsumen.
B. Rumusan Masalah
Mengacu pada latar belakang masalah yang diuraikan diatas, maka masalah ini secara umum dirumuskan sebagai Bagaimana Peerapan Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk dan Meningkatkan Pendapatan Perusahaan.
C. Batasan Masalah
Makalah ini dibuat hanya untuk membahas yang berkaitan dengan peran pemasaran terhadap perusahaan.
D. Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk memberikan teori-teori dan pengetahuan tentang sei marketing atau pemasaran pada perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan profit perusahaan. Selain itu juga sebagai pendalaman materi pemasaran bagi penulis serta pembaca.
E. Manfaat
Diharapkan bagi perusahaan sebagai masukan dalam menerapkan strategi pemasaran. Sedangkan bagi penulis dan pembaca untuk menambah pengetahuan tentang strategi pemasaran.
F. Metode Penyusunan
Untuk mendapatkan informasi kami menggunakan studi pustaka pada buku-buku pemasaran dan mencari bahan dari sumber media elektronik.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. RUJUKAN TEORI
Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan definisi pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Ada pula definisi pemasaran menurut para ahli:
1. William J. Stanton
Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada konsumen dan bisa memuaskan konsumen.
2. Kotler & Amstrong
Pemasaran merupakan sebuah proses managerial yang orang-orang didalamnya mendapatkan apa yang mereka inginkan & butuhkan melalui penciptaan & pertukaran produk-produk yang ditawarkan & nilai produknya kepada orang lain.
3. Philp Kotler
Suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran.
4. Philip & Duncan
Pemasaran merupakan sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang digunakan untuk menempatkan barang yang dijualbelikan ke tangan pembeli atau konsumen.
5. Wikipedia
Dalam wikipedia menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses penyusunan komunikasi yang terpadu & tujuannya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang diperjualbelikan yang kaitannya untuk memuaskan keinginan & kebutuhan masyarakat.
6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008
Pemasaran ialah proses perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di tengah-tenganh masyarakat pada umumnya. Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
B. ANALISIS
Fungsi marketing dalam hal ini perlu untuk diketahui untuk memaksimalkan peran marketing pada suatu perusahaan yang menjalankan bisnis. Mengingat marketing ini memberikan dampak yang cukup besar bagi kelangsungan jalannya bisnis kedepannya. Marketing sendiri merupakan suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dengan berbagai cara seperti membuat produk, menentukan harga, tempat penjualan dan melakukan promosi produk tersebut. Atau marketing dapat dikatakan sebagai kombinasi antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen dan mendapatkan keuntungan. Sehingga dari definisi tersebut marketing memang memiliki kaitan yang sangat erat dengan suatu aktivitas kehidupan sehari-hari. Yang mana seperti kita ketahui bahwa dari pihak yang sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merk dari produk tertentu yang hendak dibeli sesuai dengan kebutuhannya, dimana ia akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat melakukan pembelian. Jadi sebagai pihak konsumen dapat dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan marketing.
Dengan hal tersebut maka pihak konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya sendiri, konsumen hanya cukup melakukan pertukaran dengan para pelaku bisnis atau para marketing untuk dapat memenuhi kebutuhannya berupa produk ataupun jasa. Sehingga secara tidak langsung dengan melakukan marketing secara optimal maka dapat menghasilkan pendapatan yang maksimal pula bagi perusahaan. Kemudian jika hal tersebut terjadi maka tidak heran jika perusahaan akan mengalami perkembangan yang pesat untuk meraih kesuksesan bisnis yang dijalankannya.
Dari informasi di atas menunjukkan bahwa marketing ini perlu diperhatikan oleh perusahaan, yang mana perusahaan harus memaksimalkan marketing atau pemasaran dalam berbisnis. Untuk mendukung dalam memaksimalkan marketing maka para pelaku bisnis pun juga harus mengetahui apa fungsi marketing tersebut.
Adapun beberapa fungsi marketing sebagai berikut :
1. Fungsi pertukaran
Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dalam melakukan marketing, konsumen hanya perlu melakukan pertukaran dengan pelaku marketing atau produsen untuk memenuhi kebutuhannya. Yang mana konsumen dapat membeli produk yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang dengan produk maupun melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali.
2. Fungsi distribusi fisik
Distribusi fisik pada produk dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Yang mana produk dari produsen yang akan memenuhi kebutuhan para konsumen tersebut di distribusikan melalui berbagai cara. Kemudian dilakukan penyimanan produk dan menjaga stok produk tersebut agar tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumen sehingga tidak mengalami kekurangan pada saat diperlukan.
3. Fungsi perantara
Marketing atau pemasaran ini merupakan media perantara untuk menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Dimana pada aktivitas fungsi perantara ini seperti misalnya pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk, dan lain sebagainya.
Selain fungsi-fungsi di atas, marketing juga memiliki fungsi-fungsi yang lain dari divisi marketing suatu perusahaan seperti berikut ini:
1. Marketing berperan sebagai sales
Marketing berperan sebagai sales ini memiliki maksud bahwa tugas utama marketing bisanya yaitu menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penawaran dan penjualan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
2. Marketing berperan sebagai promosi
Marketing berperan sebagai promosi ini memiliki maksud bahwa marketing berfungsi untuk memperkenalkan perusahaan dan produk yang dihasilkannya kepada masyarakat luas, sehingga perusahaan dan produknya dapat dikenal.
3. Marketing sebagai riset dan pengembangan
Marketing berperan sebagai riset dan pengembangan perusahaan ini memiliki maksud bahwa marketing berfungsi sebagai penyerap berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada perusahaan yang berkaitan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung dalam peningkatan kualitas maupun penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
4. Marketing berperan sebagai perwujudan konsep marketing communication
Selanjutnya marketing yang berperan sebagai perwujudan konsep marketing communication ini memiliki maksud bahwa marketing dapat berperan untuk membuat atau menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat atau perusahaan dan lingkungan sekitarnya.
Pada dasarnya marketing bukanlah tentang bagaimana menjual produk yang ditawarkan, namun lebih pada bagaimana meraih konsumen baru dan mempertahankan konsumen.
Faktor yang menjadi landasan marketing:
1. Produk
Memiliki produk adalah kunci dan faktor utama dalam dunia marketing. Salah satu produk yang dihasilkan bisa berupa apa saja yang dapat ditawarkan perusahaan kepada konsumen yang mungkin membutuhkannya. Marketing harus bisa memotivasi konsumen agar merasa perlu untuk memiliki produk tersebut.
2. Tempat
Lokasi untuk mendapatkan sebuah produk tersebut seharusnya yang strategis, ini dapat berupa apa saja dari toko online (e-commerce) hingga toko fisik di berbagai kota dan negara. Tujuan dari strategi ini adalah untuk memungkinkan klien potensial memiliki akses mudah ke produk/layanan yang Anda tawarkan.
3. Harga
Bagaimana Anda dalam menetukan harga pada produk dan layanan adalah keputusan yang sangat penting dalam strategi pemasaran; faktor ini mempengaruhi faktor lain seperti:
a) Margin yang ingin Anda akan dapatkan.
b) Target pasar apa yang ingin Anda capai? Daya beli apa yang dimiliki konsumen Anda? Apakah Anda ingin masuk ke pasar mewah atau di pasar yang menengah ke bawah?
c) Tujuan keuangan perusahaan.
d) Bagaimana kompetisi memberi harga produk mereka dan apa saja pengganti produk yang mungkin ada?
e) Tren dan mode.
f) Peningkatan harga agar memberikan persepsi dan peningkatan kualitas yang lebih baik.
4. Promosi
Ini mengacu pada semua tindakan pemasaran dan komunikasi yang Anda lakukan untuk meredakan manfaat dan karakteristik produk atau layanan Anda di pasar. Inilah cara Anda dalm meningkatkan penjualan.
Konsep Pemasaran
Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1) Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/pasar.
2) Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3) Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan. Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik, kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan.
Sasaran Pasar
Bagian Pasar (target market) yang akan dilayani perusahaan adalah sasaran yang merupakan rencana penguasaan pasar. Akan tetapi dalam realisasi, dapat terjadi penguasaan pasar yang dicapai dapat lebih rendah dari rencana. Bagian pasar yang dapat dikuasai adalah pasar actual yang direalisir. Bagian ini bila dibandingkan dengan pasar yang dapat dipenuhi oleh keseluruhan industri adalah kemampuan penguasaan perusahaan atas pasar (market share).
Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu:
a) Segmentasi Pasar
b) Penetapan Pasar Sasaran
c) Penempatan Produk
BAB 3
PENUTUP
Kesimpulan
Pemasaran sangat berperan untuk meningkatkan volume penjualan dan profit perusahaan. Untuk meningkatkan itu ditemukan beberapa factor dalam pembahasan yang telah kita bahas yaitu aspek efisiensi produksi (menekan harga jual), membuat produk sesuai dengan keinginan konsumen, positioning produk (memosisikan produk kita ke lapisan konsumen), terus melakukan inovasi dan membangun loyalitas terhadap konsumen. Jika disatukan dan berjalan dengan baik maka perusahaan telah berhasil melaksanakan pemasaran dengan baik.
Komentar
Posting Komentar